Fakta Diare

 - Diare adalah peningkatan frekuensi buang air besar.

 - Diare disebabkan oleh peningkatan sekresi cairan ke dalam usus, mengurangi penyerapan cairan dari usus atau bagian cepat tinja melalui usus.

 - Diare bisa didefinisikan mutlak atau relatif. Diare absolut didefinisikan sebagai lebih dari lima buang air sehari atau tinja cair. Diare relatif didefinisikan sebagai peningkatan jumlah buang air besar per hari atau naik di longgarnya tinja dibandingkan dengan kebiasaan buang air besar yang biasa individu.

 - Diare bisa akut atau kronis, dan masing-masing memiliki penyebab yang berbeda dan perawatan.

 - Komplikasi diare termasuk dehidrasi, elektrolit (mineral) kelainan, dan iritasi pada anus.

 - Dehidrasi bisa diobati dengan solusi rehidrasi oral dan, jika perlu, dengan cairan intravena.

 - Tes yang berguna dalam evaluasi diare akut meliputi pemeriksaan feses untuk sel darah putih dan parasit, budaya feses untuk bakteri, pengujian feses untuk racun dari C. difficile dan tes darah untuk kelainan elektrolit.

 - Tes yang berguna dalam evaluasi diare kronis termasuk pemeriksaan tinja untuk parasit, sinar X-atas gastrointestinal (seri UGI), barium enema, esophago-gastro-duodenoscopy (EGD) dengan biopsi, colonoscopy dengan biopsi, hidrogen pengujian napas, dan pengukuran lemak dalam tinja.

 - Diare bisa diobati dengan absorben (yang menyerap air), obat anti-motilitas, dan senyawa bismut.

 - Antibiotik tidak boleh digunakan dalam mengobati diare kecuali ada infeksi terbukti bakteri yang membutuhkan antibiotik, diare berat yang mungkin menular berasal, atau ketika seseorang memiliki penyakit yang mendasari serius.

No comments:

Post a Comment